Pentingnya Medical Check Up

Pentingnya Medical Check Up – Kesehatan merupakan sesuatu yang penting dan sangat bernilai. Kesehatan yang prima dan optimal dapat dicapai dengan dengan investasi kesehatan sejak dini. Jika Anda pernah mendengar pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati dari orangtua atau saat Anda bersekolah, maka pepatah itu benar adanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan medical check up secara rutin.

Seberapa penting medical check up? Pertanyaan itu mungkin banyak muncul di benak kita. Rata-rata memang bagi sebagian besar orang di Indonesia, pemeriksaan kesehatan tubuh secara lengkap mungkin hanya dilakukan saat harus memenuhi persyaratan administrasi seperti administrasi pendidikan, wajib militer, calon pegawai negeri sipil, dan lain-lain.

Banyak anggapan keliru yang mengatakan bahwa medical check up tidak perlu dilakukan karena seseorang tidak merasakan sakit. Namun jangan salah, tidak merasakan sakit belum tentu bahwa Anda benar-benar “tidak sakit”.  Secara umum, dikatakan “sakit” jika ada keluhan yang muncul. Padahal dari sisi medis, kondisi sakit didasarkan ada atau tidaknya penyakit.

Saat seseorang mengatakan bahwa dirinya “tidak sakit”, ada dua kemungkinan. Pertama, dirinya memang tidak terkena penyakit. Kedua, dari sisi medis sebenarnya sudah ada penyakit hanya saja gejalanya belum nampak.

Di masa lalu, sebagian besar tim medis menganjurkan medical check up kesehatan tahunan. Namun baru-baru ini, American Medical Association dan grup kesehatan serupa lainnya menyarankan bahwa pemeriksaan medis yang disebut Periodic Health Assessments or Examinations (Penilaian atau Pemeriksaan Kesehatan Periodik) dapat dilakukan setiap 5 tahun (untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 18 tahun) dan untuk diatas usia 40 tahun dilakukan setiap 1-3 tahun sekali.

Sebagai langkah pencegahan, medical check up dapat dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan, terkini guna mempersiapkan bentuk penanganan secara dini jika ditemukan adanya penyakit atau gangguan kesehatan. Selain itu, medical check up juga berguna untuk mengetahui risiko-risiko penyakit yang mungkin bisa muncul di kemudian hari, serta mendorong seseorang untuk beralih ke gaya hidup sehat.

Sumber :
https://rsudbudhiasih.jakarta.go.id/artikel

https://www.freepik.com/free-vector/doctor-examining-patient-clinic-illustrated_12557507.htm#query=medical%20check%20up&position=2&from_view=search

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *