Kejadian Ikutan Paska Imunisasi Pasca Vaksinasi COVID-19

Kejadian Ikutan Paska Imunisasi Pasca Vaksinasi COVID-19 – Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) adalah gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi/imunisasi yang diduga terkait dengan vaksinasi/imunisasi yang diberikan. Tidak semua orang yang divaksinasi COVID-19 mengalami reaksi atau (KIPI). Munculnya reaksi atau KIPI adalah sesuatu yang wajar. KIPI yang muncul setelah vaksinasi jauh lebih ringan dibandingkan jika terkena COVID-19 atau komplikasi yang disebabkan oleh virus COVID-19. Penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi merupakan cara yang paling tepat untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Umumnya KIPI bersifat sementara dan ringan, serta akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Jika tubuh bereaksi dengan KIPI setelah menerima vaksinasi, tetap tenang. Reaksi nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan dapat diatasi dengan kompres dengan air dingin. Jika demam dapat mengompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, istirahat, dan minum obat bila perlu.

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dapat terjadi dan diduga terkait dengan imunisasi/vaksinasi. Reaksi umum akan berupa gejala sementara dan ringan, seperti :

  1. Nyeri, bengkak dan kemerahan di lokasi suntikan;
  2. Lelah dan tidak enak badan;
  3. Lapar;
  4. Demam;
  5. Mengantuk;
  6. Sakit kepala;
  7. mual

Tetap tenang ketika mengalami KIPI dan lakukan hal-hal berikut ini :

  • Jika muncul reaksi nyeri, bengkak dan kemerahan di area suntikan maka kompres dingin dengan air dan kain bersih pada area yang sakit/bengkak. Gunakan lengan untuk beraktifitas. Jika alergi, minum paracetamol atau ibuprofen sesuai aturan/petunjuk di kemasan.
  • Jika sakit kepala, nyeri otot dan persendian menggigil, demam, bengkak/nyeri pada ketiak, maka segera minum air 2 liter/hari dan gunakan pakaian yang sejuk. Jika tidak alergi, minum paracetamol dan ibuprofen sesuai aturan/petunjuk di kemasan.
  • Jika mual/muntah maka hindari makanan pedas, asam, kopi, merokok, minuman/makanan beralkohol. Periksa ke dokter jika muntah terus berlanjut dan tidak bisa makan atau minum.
  • Semua reaksi/keluhan yang dialami dicatat dan segera laporkan pada : Petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi, https://keamananvaksin.kemkes.go.id/

Sumber :
https://rsud.bontangkota.go.id/2021/08/30/apa-yang-harus-dilakukan-bila-terjadi-kipi-setelah-vaksinasi-covid-19/

https://www.balaibaturaja.litbang.kemkes.go.id/read-kejadian-ikutan-paska-imunisasi-kipi-pada-vaksinasi-covid19

https://covid19.go.id/edukasi/kipi/apa-yang-harus-dilakukan-bila-terjadi-reaksi-kipi-setelah-vaksinasii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *