Manfaat Sayuran Hijau untuk Kesehatan

Background made of vegetables, healthy food concept Free Photo

Manfaat Sayuran Hijau – Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi,  sehingga banyak sekali manfaatnya, sayuran hijau juga. Sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dianjurkan dokter, karena memang ada banyak sekali manfaat sayuran hijau untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayuran hijau yang dirangkum dari beberapa sumber :

Menjaga kesehatan mata

Premium Vector | Ophthalmology illustration. cartoon flat doctor  ophthalmologist oculist characters checking, examining patient eyes health  with snellen chart test, clinic medical examination isolated

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale dan bayam, diyakini mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam sayuran hijau mampu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula akibat pertambahan usia dan katarak.

Mencegah rheumatoid arthritis

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale, bok choy, mampu menurunkan risiko munculnya penyakit rheumatoid arthritis. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan K, yang mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Fungsi Lambung dan Macam-Macam Enzim di Lambung, Sistem Pencernaan Manusia  - Semua Halaman - Bobo

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, proses buang air besar Anda akan lebih lancar. Selain itu, kesehatan saluran pencernaan Anda juga akan terjaga.

Mencegah penyakit jantung

Sayuran hijau kaya akan fitokimia, seperti flavonoid dan karotenoid, serta vitamin K dan vitamin C yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu mengonsumsi sayuran hijau secara rutin.

Meningkatkan fungsi otak

Character of people holding creative ideas icons Free Vector

Sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan seperti brokoli, kacang hijau, kubis, avokad, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Folat dikenal untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan.

Mencegah kanker

Risk factors for hpv abstract concept vector illustration. human papillomavirus transmission, risk factors, hpv prevention, infection diagnostics and treatment, immune systems abstract metaphor. Free Vector

Banyak penelitian mencatat bahwa diet kaya sayuran dan buah-buahan hijau dapat membantu menangkal kanker. Mereka mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien ini ditemukan dalam avokad, zaitun, apel hijau, bayam, kale dan lainnya.

Sumber :

https://lifestyle.bisnis.com/read/20180917/106/838899/6-manfaat-sayuran-hijau-untuk-kesehatan

https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-sayuran-hijau-untuk-kesehatan

freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *